Bewara

HANYA BLOG ARSIP

Blog ini hanya arsip  n tempat tray out. Soo.. jangan heran kalau  tampilannya gonta-ganti .. bila sobat   kebetulan mampir/nyasar kesini. jangan lama2 , ntar kualat.. kembali aja ke blog induknya di :

  1. Saung Web
  2. Saung Link
  3. Link Tea

Sunday, August 23, 2009

Ikhlas Dan Keutamaanya


Banyak kisah keteladanan yang mencerminkan tentang Ikhlas Dan Keutamaanya , kali ini Saung Web akan coba posting sebagai upaya pencerahan diri sendiri di hari ke dua bulan suci Ramadhan 2009 ini . Kita harus percaya bahwa semua manusia akan hancur, kecuali mereka yang berilmu, setiap oang yang berilmu akan hancur, kecuali orang yang beramal, setiap orang yang beramal akan hancur kecuali orang yang ikhlas , setiap orang yang ikhlas akan selalu menghadapi godaan setan. Tutur Imam Al Ghazali.

Berbekal Ikhlas ini juga seorang wanita pelacur, bisa diampuni dosanya dan diberikan rahmat oleh Allah SWT, hanya karena memberi minum seekor Anjing yang kehausan. Dengan penuh ikhlas dan empati terhadap penderitaan anjing itu dia rela turun ke dalam sumur mengambil air menggunakan sepatunya. Untuk memberi minum Anjing yang kehausan itu . Demikian dikisahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dikisah yang lain diceritakan pula seseorang yang hanya menyingkirkan sepucuk duri dari tengah jalan, diganjar dengan rahmat oleh Allah SWT, dengan surga. Karena dia ikhlas melakukannya, dia tak rela kalau orang lain yang berjalan disitu nanti tertusuk oleh duri tersebut. Subhanallah.

Sejalan dengan itu Allah berfirman bahwa “ Sesungguhnya rahmat Allah dekat kepada orang yang berbuat baik “. Disini Allah tidak menyebut besar kecilnya perbuatan baik itu, tapi menyimak kisah di atas berarti yang dipentingkan adalah ikhlas tidaknya dia berbuat baik itu. Duz perbuatan yang dianggap remeh seperti diatas, atau membuang sampah bekas makanan camilan anak-anak seperti bekas bungkus chiki, permen atau puntung rokok dan dimasukan ketempat sampah asal dengan ikhlas niscaya Allah akan memberikan pahalanya, dari pada memberikan makanan atau sumbangan uang yang begitu besar tapi diikuti dengan perasaan riya.. semua itu akan sia-sia bahkan berbalik bukan pahala yang didapat tapi malah dosa yang diterima. Ami amit

Kisah heroik juga ditunjukan oleh Ali bin Abi Thalib RA bahwa pada suatu ketika perang tanding satu lawan satu dengan orang kafir , saat itu Ali sudah berada dalam posisi menang, pedang musuh sudah terlepas , dia sudah menindih tubuh musuhnya, sambil memegang sebilah pisau yang tajam. ketika pisau itu hendak ditusukan ke tubuh lawannya, orang kafir yang menjadi lawannya itu meludahi wajah Ali , bayangkan kalau itu terjadi pada kita, mungkin akan semakin emosi dan geram akhirnya pisau itu segera ditusukan ke tubuh lawan , mungkin bukan satu kali tapi beberapa kali,.. tetapi apa yang terjadi dengan sang menantu Rasulullah itu ???,

Pisau ditangannya malah ia campakan sambil beristigfar membuat musuhnya merasa heran dan bertanya apa sebabnya. Ali menjawab “ Aku khawatir, membunuhmu hanya karena emosi amarahku dan bukan karena jihad membela agama Allah “ . Mendengar jawaban ini membuat lawannya mendapat hidayah dan masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat shahadat. Subhanallah .

Inilah Ikhlas Dan Keutamaanya. Bahwa segala sesuatu yang dilakukannya hanya karena Allah, ridho Allah SWT itulah yang jadi tujuan akhirnya.

Ah .. indahnya hidup ini Seandainya kita sudah bisa mempraktekan kata ikhlas bukan hanya dalam artian teoritis tapi benar2 hasil dari proses keikhlasan hidup yang terwujud secara nyata dalam keseharian kita. Sehingga kita yakin bahwa ikhlas merupakan energi dahsyat yang ada dalam diri kita sendiri untuk mencapai kesusksesan hidup dunia dan akhirat kata Erbe Sentanu dalam bukunya Quantum Ikhlas . Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati .

Selama ini mungkin kita banyak membaca buku yang bergenre motivasi diri , diantaranya berfokus pada metode positve thinking , yaitu Mengubah cara berpikir dengan memasuki dimensi kognitif , namun dalam taraf tertentu upaya itu seolah mengabaikan sisi lain dari dimensi manusia yaitu dimensi efektif, dimensi hati dan marilah kita berupaya mempertemukan kedua dimensi itu sehingga membantu kita masuk lebih dalam untuk mengenal dan kemudian menggali potensi yang ada di dalam diri kita sendiri potensi itu adalah Ikhlas Dan Keutamaanya, yang merupakan energi dahsyat pemberian sang pencipta yang ada dalam diri kita sendiri untuk mencapai kesusksesan hidup dunia dan akhirat. Amin.



  1. Thanks telah mampir, di Blog ini..

Related Posts:


 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Tiras Tea ! Blogger