Bewara

HANYA BLOG ARSIP

Blog ini hanya arsip  n tempat tray out. Soo.. jangan heran kalau  tampilannya gonta-ganti .. bila sobat   kebetulan mampir/nyasar kesini. jangan lama2 , ntar kualat.. kembali aja ke blog induknya di :

  1. Saung Web
  2. Saung Link
  3. Link Tea

Wednesday, September 23, 2009

Cara Mudah Backup Blog


Minggu kemarin seorang teman tanpa sadar menghapus blognya sendiri akibat salah klik, tidak terlalu patal memang karena yang terhapus adalah blog tempat dia melakukan segala macam uji coba dalam mengelola blog.. artinya segala sesuatu yang berkenaan dalam penataan content blog dilakukan di situ. Kalau sudah ok dan tidak ada efek yang bakal merugikan atau aman2 saja, baru dia akan melakukan hal yang sama di blog yang resminya.

Cara Pasang Read more

Nah hal yang dilakukan diatas saya pikir merupakan salah satu backup juga, bahkan bukan hanya backup dari resiko hilangnya blog saja, bahkan juga dari resiko perubahan yang tidak diinginkan akibat dari pengelolaan blog atau templat, sebut saja misalnya kita memasukan adsense atau merubah kode2 htmlnya sesuai keinginan kita tapi ada yang salah dalam menulis kode2 tersebut. Tentu hal ini akan membuat blog kita jadi acak2an. Jadi dengan cara diatas hal itu bisa dihindari.

Selain hal diatas banyak cara lain untuk membackup blog kita misalnya secara manual kita bisa membuat content atau artikel secara offline dulu, kemudian simpan di file computer kita atau di flash disk, cd dll.,

Cara lainnya lagi , katanya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan bantuan dari software crawler. Software ini menerima URL sebagai starting point proses crawling, kemudian bisa di-configure untuk men-download apa saja.. tapi saya belum coba tuh..

Ok.. saya tak akan bercerita lebih banyak lagi tentang backup membackup ini. Karena cara2 yang lain belum pernah dicoba, jadi saya hanya akan menulis apa yang pernah dilakukan dalam membackup blog ini. sama dengan tulisan2 saya sebelumnya ini “ bukan tutorial “ hanya pengalaman aja . Disamping itu saya punya penyakit yang susah sembuhnya yaitu “Pelupa” , kalau tidak ditulis atau didokumentasikan seperti ini yaaa lupa deh..

Jadi itulah motivasi utama saya menulis adalah sebagai dokumentasi saja. Kalau ada manfaatnya buat temen yang lain, syukur alhamdulillah. Kalaupun tidak saya juga masih bersyukur karena punya dokumen . he he he

Nah..biar judulnya agak keren , jadi pakai kata “cara mudah backup blog”,. padahal mungkin ada cara lain yang lebih mudah.. ah sabodo teuing.. emang ane pikirin….hehehe . Pokoknya saya pakai cara backup melalui blogbackuponline biasa cari gratisan lah. Lumayan layanan ini menyediakan space sebesar 5 MB. Rasanya ini lebih dari cukup untuk membackup postingan saya. Tampilan web tersebut adalah seperti ini :

BlogBackupOnline - Sign Up Now

Langkahnya adalah sbb :

  1. Silahkan login ke web ini , sok atuh diklik
  2. Daftarkan identitas kita, setelah itu untuk mengaktifkan account ,biasanya kita mendapat email , ikuti aja petunjuknya.
  3. Kalo sudah aktif login kembali ke website ini., kemudian klik "Start Registering Your Blog". Untuk meregistrasikan alamat blog kita.
  4. Masukkan alamat blog dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol "Register Blog".
  5. Tunggu proses backupnya. setelah itu pilih tombol "Start Full Backup",
  6. Tamat deeh..
    Untuk mengembalikan data kita caranya masuk ke "Dashboard" , lalu klik "Manage" terus pilih menu "Content". Nah semua data-data kita ada disana.

Demikianlah sobat cara mudah membackup blog kita.. lumayan kan dari pada data kita hilang.

Bagi sobat2 yang punya pengalaman juga dalam membackup blog ini, tolong dong masukan aja di komentar ... saya akan berterimakasih sekali.



  1. Thanks telah mampir, di Blog ini..

Related Posts:


 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Tiras Tea ! Blogger