Bewara

HANYA BLOG ARSIP

Blog ini hanya arsip  n tempat tray out. Soo.. jangan heran kalau  tampilannya gonta-ganti .. bila sobat   kebetulan mampir/nyasar kesini. jangan lama2 , ntar kualat.. kembali aja ke blog induknya di :

  1. Saung Web
  2. Saung Link
  3. Link Tea

Friday, November 20, 2009

Batik Dan Butik Hingga Batuk


Batik Dan Butik Hingga Batuk .. Tanggal 2 Oktober 2009.. Masih ingat ?? Memang sebagai anak bangsa harus ingat bahwa tanggal itu adalah Hari Batik Nasional . Tanggal itu merupakan Pengakuan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa/ UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization : ) terhadap batik sebagai warisan budaya asli Bangsa Indonesia dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) tentu setelah melalui proses panjang mulai pengujian hingga sidang tertutupnya.

hari itu tampak semarak banyak yang pakai baju batik pada acara2 resmi mapun tidak resmi.. baik itu perorangan, organisasi , karyawan swasta apalagi pemerintah.. bukan itu saja aturan pun berubah misalnya setiap hari jumat setiap pegawai harus memakai baju batik atau baju koko motif batik dsb.. anak2 sekolah juga gitu walaupun ada juga yang telah menerapkan aturan intern ini dari dulu... Produsen , pedagang dan penjahit pun rada tersenyum karena kebanjiran order. Itu mungkin salah satu hikmahnya ...namun ada juga yang menggrutu karena sebagai konsumen ya..harus sedikit merogoh saku buat beli itu seperti saya misalnya.. hehehe..

Sebelumnya UNESCO juga sudah melakukan hal yang sama yaitu mengakui Wayang pada tahun 2003 dan Keris pada 2005,  Tapi tak ada hari Wayang Nasional  dan hari Keris Nasional.. hehe . Coba kalau ada misalnya hari Wayang .. tiap orang pada hari itu harus berpakaian dan berprilaku kayak wayang  atau pada hari Keris .. semua orang pada hari itu mesti bawa keris .. wow keren..

Jadi kebayang kalau ada hari Wayang Nasional …hik..hik..hik… Anggota Muspida ala Panca Pendawa pakai pakaian wayang..  Bupati jadi Inspektur Upacara dengan pakaian ala Yudhistira, Ketua DPRD berpakaian ala Semar,  Kajari berpakaian Bima,  Dandim dan Kapolres berpakaian Nakula/Sadewa , Ketua Pengadilan Negeri berpakaian Arjuna.. dan Pimpinan Upacara berpakaian Gatotkaca.. wuakakak.. keren abis dah.. didampingi sang istri Dewi Drupadi sebagai istri semua Pendawa lima penganut Polygami/Polyandri.  Lalu peserta upacaranya kira2 pakai pakaian apa yah ???.  

Kemudian pada Hari Keris Nasional.. kebayang jika semua orang harus bawa keris pada hari itu… wow keren abis juga nih.. kayak Ken Arok dan empu2.

Obrolan diwarung kopipun berubah topik dari KPK kemasalah batik, seperti hari jumat kemarin yang membicarakan tentang batik mulai dari produsen, jenis bahan dan para pedagangnya..

Nah postingan ini dengan judul Batik Dan Butik Hingga Batuk sebenarnya hanya teringat akan seorang pedagang Batik keliling yang menjajakan dagangannya ke kantor-kantor sekitar 2 tahun lalu dengan humor kocaknya dia berucap :

Tukang batik punya butik

Kepalanya botak hatinya betek

Dikasih ikan betok pakai batok malah batuk

Di batek sama orang batak malah butek

Terus apalagi ya… lupaaa  .. dasar pikiran lagi butek..

Selamat hari Batik. Sukses buat produsen, pedagang , penjahit dan tentu lebih sukses lagi buat para pemakainya..



  1. Thanks telah mampir, di Blog ini..

Related Posts:


 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Tiras Tea ! Blogger