Bewara

HANYA BLOG ARSIP

Blog ini hanya arsip  n tempat tray out. Soo.. jangan heran kalau  tampilannya gonta-ganti .. bila sobat   kebetulan mampir/nyasar kesini. jangan lama2 , ntar kualat.. kembali aja ke blog induknya di :

  1. Saung Web
  2. Saung Link
  3. Link Tea

Sunday, October 10, 2010

Walimatus Safar Haji 2010


Haji Kuningan 2010 .. maaf2 yaHari minggu , 19 September lalu telah diadakan Walimatus Safar Haji 2010 atau Halal Bilhalal bagi 21 calon haji dari lingkungan perumahan Ciporang - Kuningan yang tahun ini akan berangkat. Sungguh rasanya baru  kemarin saya posting tentang Walimatus Safar Calon  Haji Yang Unik, ternyata sekarang dah mulai musim haji lagi. Subhanallah…

Seperti tahun2 sebelumnya, acara yang diselenggarakan secara rutin  dan jadi agenda tahunan DKM  Al-Fuqon untuk yang kelima kalinya ini dihadiri oleh sekitar 800 orang dan ini berarti hampir semua warga yang ada di 3 RW dengan 21 Rt yaitu Rt. 20 s/d  41 ini .

Ketua DKM dalam sambutannya menyebutkan bahwa sejak tahun 2005 s/d 2010 yang Walimatussafarnya disatukan dan diurus oleh DKM ini menunjukan angka :

Calon haji 2005/2006  ada 16 orang , 2007 (17 orang),  2008  (23 orang), 2009  (29 orang) dan 2010 ada 21 orang.

Dalam Ceramahnya H.Ali Syariffudin Lc,Sh, M.Ag , warga asli yang sejak tahun lalu kerjanya pindah ke Jakarta ini memaparkan tentang asal usul Ka’bah dan beberapa tips sebagai bekal para calon jamaah haji dari sebelum berangkat sampai kembali ke tanah air, disamping syarat dan rukun haji yang harus  diketahui tentunya.

Ka’bah ( Baitullah )

Ka’bah merupakan bangunan suci kaum Muslimin yang berada di kota Mekkah (dalam Masjidil Haram.) yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah sholat bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain itu, merupakan bangunan yang wajib dikunjungi atau diziarahi pada saat musim haji dan umrah.

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula di bangun untuk tempat beribadat manusia ialah Baitullah yang di Makkah yang diberkahi” (al-Imran, ayat 96).

Ka’bah berbentuk bangunan kubus yang berukuran 12 x 10 x 15 meter . Ka’bah disebut juga dengan nama Baitullah atau Baitul Atiq (rumah tua) yang dibangun dan dipugar pada masa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail setelah Nabi Ismail berada di Mekkah atas perintah Allah.

Ka'bah

Ka’bah (356×381)
1. Hajr Aswad (Batu Yaqut di syurga yang dihilangkan cahayanya oleh Allah SWT)
2. Pintu Ka’bah
3. Mizab Ar rahmah (Pancuran Ka’bah)
4. Ach-chadrawan
5. Hijr Ismail
6. Al Mutazam
7. Maqom Ismail
8. Rukun Ka’bah
9. Rukun Yamani
10. Rukun Syria
11. Rukun Iraq
12. Kiswah
13. Garis Marmer Al-Buni

Dalam kitab suci  Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 37 yang berbunyi “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur”,

 Kalau membaca ayat2 di atas, kita bisa mengetahui bawah Ka’bah telah ada sewaktu Nabi Ibrahim as menempatkan istrinya Hajar dan bayi Ismail di lokasi tersebut. Jadi Ka’bah telah ada sebelum Nabi Ibrahim menginjakan kakinya di Mekkah Almukaromah.

Ka'bah-Baitullah  Haji Kuningan 2010

Solawatan Ibu2 Majlis Ta'lim    Haji Kuningan ..Maafin ya

Semoga jalannya dimudahkan setelah kita saling memaafkan atas semua kesalahan yang pernah ada dan…

Selamat jalan calon tamu Allah semoga bisa melaksanakan syarat dan rukun haji dengan sempurna seperti yang disampaikan penceramah Walimatus Safar Haji 2010 ini serta kembali ke tanah air dengan menyandang predikat Haji Mabrur dan Mabrurah. Amin..



  1. Thanks telah mampir, di Blog ini..

Related Posts:


 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Tiras Tea ! Blogger